Tuesday 11 June 2013

Keistimewaan-keistimewaan EFI


a.    Memungkin kan pencampuran yang homogen pada setiap silinder
Oleh karena setiap silinder mempunyai satu injector dan volume injeksi yang tepat dikontrol oleh ECU yang sesuai dengan putaran mesin dan perubahan beban, hal ini memungkinkan distribusi bahan bakar ke setiap silinder akan homogen. Selanjutnya perbandingan bahan bakar dan udara dapat dikontrol dengan mudah oleh ECU dengan merubah waktu bekerjanya injekor (fuel injection duration). Untuk alasan ini, campuran bahan bakar dan udara yang didistribusikan keseluruh silinder sama dan membentuk perbandingan bahan bakar dan udara yang optimal.
b.    Perbandingan bahan bakar dan udara dapat diperoleh pada semua tingkat RPM mesin
Campuran bahan bakar dan udara harus dibuat kaya selama perpindahan dari satu sistem ke sistem lainnya. Untuk alasan ini, jika campuran bahan bakar dan udara tidak dipertahankan pada keadaan kaya, akan terjadi ketidak normalan yang mungkin terjadi selama perubahan. Juga dikarenakan adanya ketidaksamaan yang lebih besar dalam distribusi campuran bahan bakar dan udara diantara setiap silinder. Campuran bahan bakar dan udara harus dipertahankan sedikit kaya dengan EFI, dikarenakan pengiriman campuran bahan bahan bakar dan udara akan berlangsung terus menerus dengan tepat dan pengiriman tersebut tidak tergantung pada kecepatan, putaran mesin dan beban inilah yang merupakan keunggulan dan penghematan bahan bakar.
c.    Respon yang baik sesuai dengan perubahan throtthle
Dengan menggunakan karburator jarak dari komponen injeksi bahan bakar ke silinder agak jauh jaraknya. Juga karena perbedaan berat jenis yang besar antara bensin dan udara sehingga mengakibatkan bahan bakar yang masuk kedalam silinder sedikit, dalam hubungannya dengan perubahan volume udara yang masuk. Dengan menggunakan EFI masing-masing injector dipasangkan dekat silinder, dan bahan bakar ditekan lebih tinggi dari tekanan intake manifold dan karena bahan bakar diinjeksi melalui lubang kecil sehingga mudah membentuk kabut. Oleh karena itu volume bahan bakar yang diinjeksi secara serentak berubah dengan perubahan volume udara masuk sesuai dengan membuka dan menutupnya throttle valve. Singkatnya, respon yang baik sesuai dengan perubahan posisi pada akselerasi.
d.   Kompensasi pada temperature rendah
            Kemampuan untuk menghidupkan mesin pada temperature rendah lebih baik, dikarenakan adanya cold start injekstor yang akan menginjeksikan bahan bakar selama distarter, juga karena adanya udara yang dialirkan melalui air valve cukup, yang memungkinkan kendaraan dapat segera dijalankan dengan dengan baik.

No comments :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Otomotif - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger