API SERVICE ( American Petroleum Institute ) ??
API service merupakan Institusi Amerika
yang menetapkan “grading” atau kemampuan sampai mana oli bisa bertahan,
singkat-nya API service menunjukkan kualitas daripada oli itu
sendiri. API service dikhususkan berdasarkan sistem kerja mesin,
pembedanya diwakili dengan tanda abjad API service yang tertera, seperti
api service dengan awalan (S) yang dikususkan untuk mesin bensin, dan
api service dengan awalan (C) untuk mesin diesel. Mari kita bahas satu
persatu antara S & C :mrgreen:
API SERVICE – S
Dalam klasifikasi (S) yang diperuntukkan
bagi motor bensin ini meliputi kontrol deposit, oil oxidation, wear,
rust and corrosion. Huruf di depan (S) menunjukkan tingkatan oli,
seperti klasifikasi oli SH, SJ, SL dan SM. Semakin mendekat ke (Z) bisa
dikatakan semakin tinggi pula kualitas oli tersebut.
Untuk klasifikasi huruf SH, SJ dan lain
sebagainya tersebut bukan tanpa arti…melainkan seperti yang kang Majid
jabarkan di atas, tingkatan oli berdasarkan tingkatan huruf abjad yang
ada, seperti klasifikasi dibawah ini…
Pentingnya menggunakan pelumas rantai khusus ( bukan oli bekas alias tap tapan )
SH : untuk Gasoline Engine Maintenance Service 1994
Klasifikasi ini direkomendasikan untuk mesin kendaraan bensin yang dibuat tahun 1994 (tahun teknologi mesin) pelumas dalam kategori ini melebihi persyaratan kinerja dari API Service (SG) sehingga dapat digunakan pada mesin yang direkomendasikan pabrikan untuk menggunakan pelumas API Service (SG) ataupun kategori dibawahnya.
Klasifikasi ini direkomendasikan untuk mesin kendaraan bensin yang dibuat tahun 1994 (tahun teknologi mesin) pelumas dalam kategori ini melebihi persyaratan kinerja dari API Service (SG) sehingga dapat digunakan pada mesin yang direkomendasikan pabrikan untuk menggunakan pelumas API Service (SG) ataupun kategori dibawahnya.
SJ : untuk Gasoline Engine Maintenance Service 1996
Direkomendasikan untuk kendaraan bensin dengan teknologi tahun 1996, namun kenyataan nya kendaraan kendaraan lansiran tahun 2006 juga masih doyan akan oli (SJ) ini :D
Direkomendasikan untuk kendaraan bensin dengan teknologi tahun 1996, namun kenyataan nya kendaraan kendaraan lansiran tahun 2006 juga masih doyan akan oli (SJ) ini :D
SL : untuk Gasoline Engine Maintenance Service 2001
Direkomendasikan dengan tugas khusus untuk mesin kendaraan bensin yang menggunakan teknologi mesin tahun 2001. Pelumas yang memenuhi persyaratan API Service (SL) dapat dipergunakan dimana API Service (SL) dan kategori di bawahnya direkomendasikan oleh pabrikan mesin.
Direkomendasikan dengan tugas khusus untuk mesin kendaraan bensin yang menggunakan teknologi mesin tahun 2001. Pelumas yang memenuhi persyaratan API Service (SL) dapat dipergunakan dimana API Service (SL) dan kategori di bawahnya direkomendasikan oleh pabrikan mesin.
SM : Lag..yang satu ini dibuat untuk semua karakter mesin yang
digunakan pabrikan sampai saat ini, dimana oli jenis ini bisa dipakai
pada mesin bensin yang pelumasannya memakai tingkatan di bawahnya (SM),
seperti (SL), (SJ) dan (SH).
API SERVICE – C
Sistem klasifikasi ini hanya ada 4
kategori yang masih digunakan pabrikan dewasa ini yaitu CF , CG , CH dan
CI. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing klasifikasi:
CF : Untuk mesin diesel injeksi tak langsung, klasifikasi ini dibagi
menjadi dua…ada CF2 dan ada juga CF4. API Service CF2 untuk mesin 2
langkah, dan API Service CF4 untuk mesin diesel 4 langkah.
CG4 : Merupakan pelumas rekomendasi mesin diesel 4 langkah tugas berat
dengan kecepatan tinggi, peluamsan dengan spesifikasi CG4 ini bisa juga
dipakai pada mesin dengan pelumasan API Service CF4.
CH4 : Pelumas yang direkomendasikan untuk mesin diesel 4 langkah
kecepatan tinggi dengan tujuan standar emisi yang ada. Pelumas ini bisa
dipakai pada mesin pengguna API Service CF4 atau CG4.
CI4 : Pelumasan ini digunakan pada mesin diesel tugas berat, pelumas
ini memiliki tingkat kinerja yang lebih unggul dibandingkan dengan
kategori di bawahnya seperti CH4, CG4 dan CF4.
No comments :
Post a Comment